Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kecamatan Pauh Kota Padang

Busmanelli, Busmanelli (2010) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BUSMANELI--90854-2011-.pdf] Text
final_B1_BUSMANELI--90854-2011-.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran energi dan perubahannya dengan penggunaan
pendekatan keterampilan proses di SD Negeri 13 Kapalo Koto Kecamatan Pauh
Kota Padang.
Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data adalah
proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kerterampilan Proses
di kelas IV SDN 13 Kapalo Koto kec. Pauh. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IV SDN 13 Kapalo Koto yang berjumlah sebanyak 30 orang, dan yang terlibat
dalam penelitian adalah peneliti dan dua orang observer. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan model analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, terlihat hasil belajar siswa
meningkat. Dengan menggunakan Pendekatan Kerterampilan Proses (PKP) hasil
nilai rata-rata pembelajaran siswa pada siklus I adalah 64,6 dan pada siklus II
nilai rata-rata siswa adalah 86,2. Peningkatan dari aspek afektif dan psikomotor
menunjukkan pada siklus i baru mencapai kategori baik, sedangkan pada siklus II
sudah mencapai ketegori nilai sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
dengan menggunakan Pendekatan Kerterampilan Proses (PKP) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kec. Pauh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:56
Last Modified: 17 Nov 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item
View Item