Sakti, Budia (2011) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan Data pada Siswa Kelas VI SD Angkasa I Lanud Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BUDIN_SAKTI_90422_912_2011.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran kurang
menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan.
Berdasarkan data nilai ulangan harian pengolahan data , masih banyak siswa
yang memperoleh nilai di bawah standar. Dari itu peneliti melalui penelitian
tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar Matematika melalui
pendekatan kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SD Angkasa I Lanud
Padang.Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan
bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw.
Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu : membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang tiap kelompok
yang disebut dengan kelompok asal. Masing-masing anggota kelompok asal
diberikan topik yang berbeda-beda. Setiap anggota kelompok asal yang mendapat
topik yang sama bergabung dalam satu kelompok yang disebut dengan kelompok
ahli. Dalam kelompok ahli, siswa berdiskusi tentang topik yang akan dibahas
sesuai dengan petunjuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Selesai berdiskusi, masingmasing anggota kelompok ahli bergabung kembali ke kelompok asalnya untuk
menjelaskan topik yang telah dibahas pada kelompok ahli. Setelah itu masingmasing kelompok asal diberikan tes tentang seluruh topik, kelompok yang
memperoleh nilai tertinggi diberikan penghargaan. Melalui pembelajaran seperti
itu menuntut siswa untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil
belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata 28 siswa pada skor dasar 5,86, diadakan
tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 6,9. Kemudian diadakan lagi
tindakan pada siklus II, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 8,0. Dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil
belajar matematika 28 siswa kelas VI meningkat. Oleh sebab itu, disarankan agar
guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar
siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:55 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29306 |
