Persepsi Siswa terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 4 Pariaman

Zulkifli, Zulkifli (2009) Persepsi Siswa terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZULKIFLI-65863-05-2009.pdf] Text
final_B1_ZULKIFLI-65863-05-2009.pdf

Download (839kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi siswa terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 4 Pariaman dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis mengajukan pertanyaan yakni Bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan permainan kecil dalam Proses Belajar Bengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 4 Pariaman.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 251 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random sampling, sehingga jumlah sampel adalah 48 orang. Alat pengumpulan data adalah angket dengan menggunakan model skala guttman dengan kategori Ya dan Tidak. Selanjutnya data diolah dan di analisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan persepsi siswa terhadap permainan kecil dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil dari aspek yang dipersepsikan yaitu: (1) Persepsi siswa terhadap pelaksanaan permainan diperoleh 40 orang (83,33%) responden menyatakan baik, dan 8 orang (16,67%) responden yang mempersepsikan masih kurang, (2) persepsi siswa terhadap sasaran yang ingin dicapai dalam permainan kecil dinyatakan 42 orang (87,80%) responden menyatakan tercapai dan 6 orang (12,20%) responden mempersepsikan masih kurang tercapainya. Dari hasil kedua aspek ini menunjukkan persepsi siswa terhadap permainan kecil sudah tergolong baik, artinya, siswa menilai dan menganggap permainan kecil tepat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar Penjas Orkes. Dengan diberikan permainan kecil dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani diharapkan siswa lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran tersebut

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI, PERMAINAN KECIL, PROSES BELAJAR MENGAJAR.
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:54
Last Modified: 17 Nov 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29301

Actions (login required)

View Item
View Item