Hubungan Antar Sikap dalam Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mesin Operasi Dasar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo

Wijaya, Budi (2012) Hubungan Antar Sikap dalam Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mesin Operasi Dasar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BUDI_WIJAYA_577567_752_2012.pdf] Text
final_B1_BUDI_WIJAYA_577567_752_2012.pdf

Download (511kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan sikap siswa
dengan hasil berlajar mesin operasi dasar Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 1
Lintau Buo. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu sikap siswa sebagai
variabel X dan hasil belajar mesin operasi dasar sebagai variabel Y. Untuk
mengungkap sikap siswa dan hasil belajar mesin operasi dasar digunakan
beberapa dimensi yang dapat menjabarkan kedua variabel tersebut.
Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk
menginterprestasikan data dan menghitung besar korelasi yang dimilikinya.
Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1
Lintau Buo yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan
berpedoman kepada pendapat Suharsimi sehingga diperoleh sampel 30 orang.
Data diperoleh dengan menyebarkan angket terhadap siswa. Uji coba instrumen
dilakukan terhadap siswa di luar sampel berjumlah 28 orang, untuk menentukan
validitas angket digunakan program SPSS versi 15,0 dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh pernyataan tidak valid nomor 12, 21, 22, 27, 29 dan untuk menentukan
reliabilitas instrumen juga mengginakan program SPSS versi 15,0 dan diperoleh
harga rhitung 0,881 dengan rtabel = 0,374 artinya instrumen penelitian reliabel.
Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,801 dimana
harga rtabelnya = 0,361, karena rhitungl > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dalam belajar siswa dengan hasil
belajar mesin operasi dasar dan harga koefesien determinasinya sebesar 0,641.
Hal ini berarti bahwa sikap guru dalam proses belajar mengajar memberikan
kontribusi atau sumbangan sebesar 64,1% terhadap sikap dalam belajar siswa,
sedangkan 35,9% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:54
Last Modified: 17 Nov 2025 09:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item
View Item