Handayani, Budi (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Multisensori: Classroom Action Research dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D.I di SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BUDI_HANDAYANI_72005_2011.pdf
Download (145kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum bisanya anak tungrahita ringan
kelas D.1 menulis permulaan terutama huruf vokal [a-i-u-e-o]. Kemampuan untuk
menulis ada, memegang pensil bisa tapi bentuk huruf yang dibuat anak tidak jelas
dan kadang arah garis salah dalam memulai menulis. Hal ini disebabkan karena
metode yang digunakan belum mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis
anak tunagrahita ringan. Dengan demikian, pada penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan menulis permulaan, huruf vokal [a-i-u-e-o] pada anak
tunagrahita ringan kelas D.I melalui metode multisensori.
Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action
research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas pada dua
orang subjek penelitian yaitu anak tunagrahita ringan kelas D.I SLB Perwari
Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan
metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan [a-i-u-eo] bagi anak tunagrahita ringan yaitu dengan melibatkan indera penglihatan, indera
pendengaran, indera perabaan dan gerak yaitu menuliskan huruf vocal [a-i-u-e-o].
Pada siklus I anak dilatih menuliskan huruf dari yang mudah ke yang dianggap
sulit, ternyata anak sudah ada anak memperoleh nilai 80 tapi masih ada yang
memerlukan bantuan. Sedangkan siklus II merupakan pemantapan siklus I dan
melatih kembali huruf yang belum bisa dibuat anak dan memberikan kesempatan
anak untuk mandiri. Ternyata hasil dari siklus II ini anak sudah menunjukkan nilai
maksimal yaitu 100 dari 5 deskriptor [a-i-u-e-o] yang diujikan benar. Dari hasil
penyajian data dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode multisensori dapat
meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Dengan
demikian, dapat disarankan sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat
menggunakan metode multisensori dalam berlatih menulis huruf abjad lainnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:53 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29296 |
