Canta, Dila Seltika (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) di Kelas VII SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DILA_SELTIKA_CANTA_87936_2011.pdf
Download (228kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih rendahnya hasilbelajar siswa khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, masih kurangnya peran siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Kelas berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan proses pembelajaran dengan pendekatan konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya dengan menggunakan modelpembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dan Cooperative Tipe STAD.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Jigsaw dan tipe STAD (Student TeamsAchievement Division) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TI&K) di kelas VII SMP Negeri 29 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 29 Padang yang berjumlah 198 orang yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposivesampling, yaitu kelas VII 3 dan VII masing-masingnya berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). 4 Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 85,76 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 74,39. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,842 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 1,694 sehingga t hitung > t tabel. Dari data diatas, terlihat bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperativedalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Dengan membandingkan hasil belajar siswa dari masing-masing kelas maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan sumbangan yang baik terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:52 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29288 |
