Adha, Annisa Hidayatul (2022) Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Aspek Pengetahuan dalam Pembelajaran Fisika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ANNISA_HIDAYATUL_ADHA_17033050_974_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan pendidikan menjadi salah satu aspek yang harus selalu
diperhatikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu
melakukan pengembangan kurikulum yang bertujuan untuk memperbaiki
pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Kondisi nyata yang diperoleh setelah
melakukan analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan
bersifat konvensional yang mengakibatkan aspek pengetahuan peserta didik
rendah. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan model
problem based learning dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian meta analisis
ini menelaah secara sistematik menggunakan teknik statistik dengan
menggabungkan hasil beberapa penelitian terdahulu untuk mengetahui kesimpulan
secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effect size
penerapan model problem based learning terhadap aspek pengetahuan dalam
pembelajaran fisika.
Metode penelitian meta analisis merupakan metode deskriptif terhadap
analisis hasil penelitian terdahulu. Metode penelitian meta analisis menggunakan
teknik analisis effect size. Metode meta analisis mengkaji sejumlah hasil dari
beberapa penelitian dalam masalah yang sejenis. Metode ini mengakumulasikan
impact hasil artikel yang tidak signifikan menjadi suatu hasil yang signifikan.
Hasil yang diperoleh dari metode meta analisis dapat menjawab pertanyaan
terhadap kesenjangan hasil dari berbagai artikel yang memiliki permasalahan yang
serupa. Hasil penelitian yang didapatkan mengungkapkan bahwa penerapan model
problem based learning terhadap aspek pengetahuan dalam pembelajaran fisika
secara keseluruhan memberikan pengaruh dan efektif diterapkan dalam
pembelajaran dengan nilai effect size 1,154. Model problem based learning
memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari tingkatan kelas, unit materi
pelajaran, dan tingkatan kemampuan berpikir. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
dengan menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran fisika
lebih efektif untuk meningkatkan aspek pengetahuan peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Pembelajaran Fisika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:50 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29274 |
