Surya, Anisa (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Circuit Learning Berbantuan LKS terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ANISA_SURYA_1205649_4805_2016.pdf
Download (500kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya pemahaman
konsep IPA siswa yang mempengaruhi pencapaian kompetensi IPA siswa. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi Circuit
Learning berbantuan LKS terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VII
SMPN2 Padang. Strategi Circuit Learning merupakan strategi yang membuat
siswa menjadi lebih aktif untuk menggali kemampuan berpikirnya sehingga siswa
mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai materi yang diajarkan, serta
strategi ini menambah daya ingat siswa terhadap materi yang telah siswa pahami
karena siswa mencatat materi yang telah mereka pahami dengan menkaitkan
konsep-konsep yang telah mereka pahami dalam peta konsep kosong yang telah
dirancang oleh guru dengan bahasa mereka sendiri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimen Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN2
Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling.
Kompetensi kognitif menggunakan tes tertulis, kompetensi afektif diukur melalui
lembar observasi, dan kompetensi psikomotor diukur menggunakan rubrik
penilaian unjuk kerja. Hipotesis ketiga kompetensi diuji dengan menggunakan uji
t dengan taraf nyata 0.05.
Berdasarkan data hasil penelitian, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen pada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor adalah 83.40,
85,97, 87.19. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol pada kompetensi kognitif,
afektif dan psikomotor adalah 79.57, 81,86, 82.94. Data menunjukkan kompetensi
siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil analisis
data ketiga kompetensi menggunakan uji t dengan taraf nyata 0,05 menunjukkan
bahwa thitung > ttabel, hal ini berarti terdapat terdapat pengaruh yang berarti
penerapan strategi Circuit Learning berbantuan LKS terhadap pencapaian
kompetensi IPA siswa kelas VII SMPN2 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Circuit Learning Kompetensi IPA |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:50 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29267 |
