Setiara, Anisa (2016) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Saintifik dalam Model Problem Base Instruction (PBI) terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ANISA_SETIARA_1201414_3277_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan bahan ajar seperti lembar kerja siswa yang belum menunjang proses pembelajaran dengan baik, kurang memotivasi siswa dalam belajar sehingga belum mendukung pencapaian kompetensi siswa yaitu kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. LKS yang dirancang dalam penelitian ini adalah LKS berbasis saintifik dalam model problem base instruction. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis saintifik dalam model PBI terhadap pencapaian kompetensi siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design yang populasi penelitiannya adalah semua siswa kelas VII SMP N 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan tehnik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah nilai tes akhir pada aspek pengetahuan, nilai lembar observasi sikap pada aspek sikap, dan nilai lembar unjuk kerja/praktikum pada aspek keterampilan. Tehnik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata untuk nilai hasil belajar masing – masing kompetensi pada kelas sampel.
Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi siswa pada kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen masing – masing 79,044; 83,01; 80,93 dan pada kelas kontrol masing – masing 70; 77,83; 73,98. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata didapatkan nilai ttabel adalah 2,00, sedangkan pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada kelas sampel thitung adalah 3,08; 2,11 dan 3,82; dari hasil ini diperoleh th > tt maka, dapat dikemukakan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis saintifik dalam model Problem Base Instruction (PBI) terdapat perbedaan yang berarti terhadap kompetensi pengetahuan siswa, sikap siswa dan keterampilan siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa roblem Base Instruction |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:49 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29266 |
