Putri, Nova Perdana Roza (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X RPL SMK Negeri 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_NOVA_PERDANA_ROZA_PUTRI_1306552_257_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan
metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan model
pembelajaran langsung pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Rekayasa
Perangkat Lunak semester ganjil SMK Negeri 4 Payakumbuh Tahun Ajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode
penelitian eksperimen tipe quasi experimental design. Penelitian ini dilakukan di
SMK Negeri 4 Payumbuh 15 Oktober sampai 15 November 2017. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 155 keseluruhan siswa
RPL SMK Negeri 4 Payumbuh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
probability sampling dengan teknik simple random sampling . Yang terpilih menjadi
sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X RPL2 kelas eksperimen yang
berjumlah 34 siswa dan X RPL1 sebagai kelas control yang berjumlah 35 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen
sebesar 82.71, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79.34. Hasil
perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (3.64
> 1.80), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima dengan persentase pengaruh 4.24%. Dapat disimpulkan
bahwa hasil perhitungan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat
perbedaan pengaruh hasil belajar yang signifikan antara penggunaan metode
pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran
langsung
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 09:28 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 09:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29262 |
