Yuliwarti, Yuliwarti (2011) Peningkatan Hasil Belajar siswa dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri di Kelas V SDN 44 Sei Lareh Lubuk Minturun Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIWARTI_90551_2011.pdf
Download (151kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan penelitian dan hasil wawancara terhadap guru di SDN 44 Sei Lareh Lubuk Minturun Padang, dalam pembelajaran IPA selama ini guru masih menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru Kelas V SDN 44 Sei Lareh Lubuk Minturun kecamatan Koto Tangah Kota Padang serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes (tes awal dan tes akhir tindakan), observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal rata-rata 63, tes pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 72, sedangkan tes pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi 85. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, METODE INKUIRI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 09:22 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 09:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29226 |
