Fasiska, Zuliani (2011) Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) Kelas X S 1 IV Angkek, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULIANI_FASISKA_83088_2011.pdf
Download (209kB)
Abstract
Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu solusi
terhadap permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas. Berdasarkan observasi
yang dilakukan di SMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam, terlihat bahwa
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih berlangsung satu
arah. Pembelajaran cenderung terpusat pada guru, sehingga mengakibatkan
berkurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK
yang bersifat apresiatif (pengenalan dan perluasan). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) kelas X SMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam.
Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan populasi siswa kelas X
SMAN 1 IV Angkek, Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun pelajaran
2010/2011 sebanyak 10 kelas yang berjumlah 299 orang. Pemilihan sampel
menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas
X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Sebelum data
dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat
untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-test.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas X.4 SMAN 1 IV Angkek,
Kabupaten Agam terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian data tes hasil belajar diperoleh rata-rata kelas eksperimen 77, sedangkan
kelas kontrol 64,75. Data tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan t-test
sehingga diperoleh thitung 5,00 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan ttabel 2,00.
Dengan demikian dapat diketahui t hitung lebih besar dari ttabel (5,00>2,00). Hal ini
berarti hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dengan menggunakan strategi
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi hasil belajarnya dari pada hasil
belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu metode
ceramah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:49 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29221 |
