Putri, Deby Santia (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Siswa Kelas X.B Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEBY_SANTIA_PUTRI_86442_4634_2011.pdf
Download (584kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulisargumentasi siswa kelas X.B SMA Negeri 2 Lubuk Basung rendah, sehinggadiperlukan teknik yang mampu meningkatkan keterampilan menulisargrgumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis:(1) proses pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X.B SMA Negeri 2Lubuk Basung dengan menggunakan teknik mind mapping dilihat dari empataspek penilaian tulisan argumentasi yaitu mengubah pendapat pembaca, gayatulisan meyakinkan, membuktikan kebenaran dari pokok persoalan, danmemaparkan fakta untuk memperkuat pendapat, (2) peningkatan keterampilanmenulis argumentasi siswa SMA Negeri 2 Lubuk Basung dengan menggunakanteknik mind mapping dilihat dari empat aspek penilaian tulisan argumentasi yaitumengubah pendapat pembaca, gaya tulisan meyakinkan, membuktikan kebenarandari pokok persoalan, dan memaparkan fakta untuk memperkuat pendapat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakanmetode deskriptif analitis. Data penelitian diuraikan secara kualitatif berdasarkanlembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Data hasil belajar diperolehdari tes unjuk kerja yaitu menulis argumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalamdua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedursetiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2)tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas X.B yang berjumlah 31 orang.Berdasarkan deskripsi dan analisis temuan penelitian terhadapketerampilan menulis argumentasi siswa kelas X.B SMA Negeri 2 Lubuk Basungdengan menggunakan teknik mind mapping didapatkan kesimpulan sebagaiberikut. Pertama, proses pembelajaran menulis argumentasi siswa denganmenggunakan teknik mind mapping terlaksana dengan baik. Kedua, rata-rata hasiltes keterampilan menulis argumentasi dengan menggunakan teknik mind mappingmeningkat dari 68,23 pada siklus I menjadi 87,42 pada siklus II.Ketiga,berdasarkan perhitungan t, diperoleh t hitung sebesar 17,33 dan t tabel 1,74maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MENULIS ARGUMENTASI, TEKNIK MIND MAPPING |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:41 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29216 |
