Pratama, Davindra Joni (2012) Pengembangan Media Elektronik Learning (ELearning) Berbasis Web pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Pembelajaran Biologi SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_Davindra Joni Pratama 86238_2012.pdf
Download (462kB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu pembentukan pribadiseorang manusia. Pemerintah telah berupaya untuk mendukung peningkatankualitas pendidikan. Salah satu caranya ialah dengan meningkatkan sarana danprasarana belajar. Biologi sebagai bagian dari sains juga memegang peranandalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seorang guru Biologiseharusnya dapat menyajikan materi pelajaran secara tepat. Salah satu cara yangbisa digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis Electroniclearning (E-learning). Pembelajaran E-learning disebut juga online learningmerupakan pembelajaran melalui media elektronik (E-learning) yang diintegrasikan melalui jaringan internet, dengan cara tersebut sistem pembelajarandapat dilakukan dengan sistem belajar mandiri. Salah satu materi dalampembelajaran biologi adalah sistem reproduksi manusia yang membutuhkan carapenyampaian yang tepat kepada siswa agar tidak dianggap tabu dan menjadibahan tertawaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media E-learningberbasis web pada materi sistem reproduksi manusia serta mengetahui, melihatvaliditas dan praktikalitas terhdap media yang dihasilkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakanmodel 3D dari 4D model yaitu define, design, develop dan disseminate, dalampenelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisismateri, analisis siswa, dan analisis media E-learning. Tahap design dilakukanperancangan E-learning. Tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator danuji praktikalitas oleh guru dan siswa SMA kelas XII IPA SMAN 10 Padang sertasiswa SMAN 1 Padang. Data dari angket uji validitas, praktikalitas terhadapmateri berbasis E-learning oleh guru dan siswa dianalisis dengan analisisdeskriptif Persentase.Hasil validasi materi sistem reproduksi manusia berbasis E-learning oleh 2orang dosen dan 2 guru menunjukkan bahwa materi berbasis E-learning yangdihasilkan termasuk valid dengan persentase kevalidan sebesar 88% dengankriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan hasil sangat praktisdengan persentase kepraktisan sebesar 92,1%, sedangkan hasil uji praktikalitasoleh siswa termasuk praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 76% dan 83%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi berbasis e-learning yangdihasilkan termasuk valid dan praktis.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEDIA ELECTRONIC LEARNING, SISTEM REPRODUKSI MANUSIA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:35 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29175 |
