Risa, Yulina (2011) Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dalam Kelas dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP Angkatan 2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULINA_RISA_74009_3631_2011.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih adanya ditemui berbagai masalah dalam hasil belajar Mata Kuliah Gambar Teknik mahasiswa, sehingga mengakibatkan rata-rata hasil belajar mahasiswa menjadi rendah. Dari data 228 orang mahasiswa, sebanyak 99 orang diantaranya memiliki hasil belajar rendah berada di bawah standar ketuntasan/ belum dinyatakan lulus. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2010. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2010, yang berjumlah 125 orang yang dijadikan sebagai populasi. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini lebih dari 100 orang maka untuk pengambilan sampel yang dipakai peneliti berdasarkan pendapat Arikunto (2006:134) dengan 25% dari jumlah populasi. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu suasana lingkungan belajar yang merupakan variabel bebas dan (X) dan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2010 yang merupakan variabel terikat (Y). Penyusunan instrument penelitian berpedoman pada Skala Likert. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu dilakukan uji coba guna mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Dari hasil analisis didapat data berdistribusi normal dan linear pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil analisis diperoleh Pearson Correlation antara suasana lingkungan belajar dan hasil belajar 0,554 dengan Sig. (2 tailed) 0,001 < α = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis yang diajukan terdapat hubungan suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2010 dapat diterima. Dan telah di uji dalam taraf kepercayaan 95%. Ini berarti suasana lingkungan belajar dalam kelas merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR, HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:33 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29154 |
