Yulidarnis, Yulidarnis (2011) Upaya Meningkatkan Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran melalui Pembuatan Peta Konsep yang diawali Pemberian Bahan Ajar di Kelas vii- 3 SMPN 1 Kec. Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIDARNIS-52870-2011.pdf
Download (660kB)
Abstract
Aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi di SMPN Negeri 1 Kec.Akabiluru, khususnya kelas VII 3 sangat rendah.Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan aktivitas siswa melalui pembuatan petta konsep yang diawali pemberian bahan ajar.. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas positif yaitu kerja kelompok, membuat peta konsep, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, Membuat peta konsep, membuat kesimpulan dan menurunkan aktivitas negatif yaitu tidak memperhatikan, menganggu teman dan sering keluar kelas, di kelas VII 3 SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru dalam pembelajaran biologi. Hasil penelitian ini adalah strategi pembuatan peta konsep yang diawali dengan pemberian bahan ajar yang dilaksanakan selama dua siklus telah berhasil meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Aktivitas siswa yang meningkat adalah : Mengajukan pertanyaan 81 %, siklus II menjadi 96,5 %, Membuat peta konsep 9,6 %, siklus II menjadi 19,7 %, Membuat kesimpulan 51,6 %, siklus II menjadi 93,2 %. Dengan demikian dapat disimpulkan strategi pembuatan peta konsep yang diawali dengan pemberian bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN PETA KONSEP |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:15 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29133 |
