Rimelza, Bonny (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Berita Melalui Teknik Tri Fokus Steve Snyder (TFSS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BONNY_RIMELZA_86431_4623_2011.pdf
Download (312kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan
keterampilan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto melalui teknik
Tri Fokus Steve Snyder (TFSS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3
SMP Negeri 1 Sawahlunto yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali
pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes
membaca pemahaman berita, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon
siswa terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman berita siswa
kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Sawahlunto melalui teknik Tri Fokus Steve Snyder
(TFSS) tahun ajaran 2010/2011.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa
keterampilan membaca pemahaman berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Sawahlunto melalui teknik Tri Fokus Steve Snyder (TFSS) dari siklus 1 hingga
siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai
berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman berita siswa melalui teknik
TFSS pada siklus 1 dilihat dari hasil tes unjuk kerja siswa sudah mengalami
peningkatan dari tes awal yang telah dilaksanakan. Namun, peningkatan tersebut
masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, karena rata-rata hasil tes
unjuk kerja siswa masih berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Dilihat dari
hasil observasi, rata-rata hasil observasi kegiatan belajar mengajar siswa berada
pada kualifikasi hampir cukup. Kemudian diluhat dari rata-rata hasil angket
respon siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman berita melalui teknik
TFSS berada pada kualifikasi cukup. Berdasarkan hasil dari siklus 1 yang masih
berada pada kualifikasi lebih dari cukup, maka dilaksanakan siklus 2 untuk
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman berita siswa. Kedua,
keterampilan membaca pemahaman berita siswa melalui teknik TFSS pada siklus
2 dilihat dari hasil tes unjuk kerja sudah mengalami peningkatan dari siklus 1
yang telah dilaksanakan, hasil tes unjuk kerja siswa telah berada pada kualifikasi
baik. Dilihat dari hasil lembar observasi, rata-rata hasil observasi kegiatan belajar
mengajar siswa telah berada pada kualifikasi baik sekali. Kemudian, dilihat dari
rata-rata hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman
berita melalui teknik TFSS telah berada pada kualifikasi baik sekali.
Jadi, dapat disimpulkan secara keseluruhan keterampilan membaca
pemahaman berita siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Sawahlunto melalui teknik
Tri Fokus Steve Snyder (TFSS) dari siklus 1 dengan kualifikasi lebih dari cukup
dan siklus 2 meningkat menjadi kualifikasi baik sekali
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 04:13 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 04:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29123 |
