Mengoptimalkan Motorik Halus Anak melalui Seni Lukis Inblok di Taman Kanak-kanak Bundo Kandung Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung Fakultas Ilmu Pendidikan

Putri, Bisma (2012) Mengoptimalkan Motorik Halus Anak melalui Seni Lukis Inblok di Taman Kanak-kanak Bundo Kandung Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung Fakultas Ilmu Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BISMA PUTRI_58628_2012.pdf] Text
final_B1_BISMA PUTRI_58628_2012.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih banyaknya anak TK yang belum
optimal motorik halusnya. Banyak cara yang dapat di lakukan oleh guru agar
motorik halus anak dapat berkembang secara optimal, seperti melalui melukis,
karena melukis di TK tidak hanya terkait dengan seni saja, tetapi juga kesiapan
mental, emosi dan sosial, peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan motorik
halus anak agar optimal melalui seni lukis inblok di TK Bundo Kandung Padang
Laweh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek anak TK
Bundo Kandung Padang Laweh yang berjumlah 20 orang anak pada tahun
pelajaran 2011/2012, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan rumus porsentase. Manfaat
penelitian yaitu untuk mengoptimalkan motorik halus anak melalui seni lukis
inblok di TK Bundo Kandung Padang Laweh.
Berdasarkan hasil penelitian di peroleh dari rata-rata mengoptimalkan
motorik halus melalui seni lukis inblok pada kondisi awal yaitu motorik halus
anak belum lagi optimal, dan pada siklus I motorik halus anak sudah mulai
meningkat, meniru melipat kertas sederhana 1 lipatan, pada siklus I dan siklus II
sehingga motorik halus anak menjadi optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:11
Last Modified: 14 Nov 2025 04:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item
View Item