Efektivitas Pelaksanaan Pendekatan Individual Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 IV Angka

Herdian, Bielly (2009) Efektivitas Pelaksanaan Pendekatan Individual Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 IV Angka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BIELLY HERDIAN 47986-04-09.pdf] Text
final_B1_BIELLY HERDIAN 47986-04-09.pdf

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terlihat pelaksanaan pembelajaran TIK
di kelas VIII4 SMP N 1 IV Angkat masih kurang terlaksana dengan sempurna, dimana
aktifitas belajar siswa masih monoton, sehingga hasil belajar siswa masih rendah
dibandingkan dengan KKM yang telah ditetapkan. Penerapan pendekatan pembelajaran
individual sebagai strategi untuk meningkatkan dan mengefektifkan kegiatan belajar
mengajar siswa di kelas dengan asumsi awal adalah pemahaman terhadap materi
pelajaran, penguasaan konsep dan kondisi psikologi siswa dalam proses belajar mengajar.
Penggunaan pendekatan pembelajaran individual ini akan membantu mengembangkan
pola pikir siswa. Penelitian dilakukan pada kelas VIII dengan materi pelajaran
“menerapkan formula dan fungsi sederhana untuk memanipulasi data.” Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan
pembelajaran individual pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 IV Angkat.
Pendekatan penelitian adalah kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Angkat, dan yang menjadi
sampel penelitian adalah kelas VIII4 (kelas eksperimen) menerapkan pendekatan
pembelajaran individual dengan jumlah siswa (sampel) 40 orang dan kelas VIII3 (kelas
kontrol) tidak menerapkan pendekatan pembelajaran individual dengan jumlah siswa
(sampel) 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive
Sampling. Teknik pengumpul data adalah tes dan Alat pengumpul data adalah lembaran
soal. Data di analisis dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji
persyaratan, sebelum dilakukan uji t.
Hasil penelitan dan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar
siswa kelas eksperimen 71,5 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas
kontrol 66,87. Dari perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung 2.095 dan ttabel
1.991, berarti thitung > ttabel (2.095 > 1.991) yang dibuktikan dengan taraf kepercayaan α
0.05, dengan ini hipotesis kerja (H1) dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:10
Last Modified: 14 Nov 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item
View Item