Manfaat yang Dirasakan Siswa Jurusan Restoran Setelah Mengikuti Kegiatan Bimbingan Kelompok Dalam Pengembangan Kompetensi Diri (Studi Terhadap Siswa SMK N 9 Padang)

Nora, Betti (2011) Manfaat yang Dirasakan Siswa Jurusan Restoran Setelah Mengikuti Kegiatan Bimbingan Kelompok Dalam Pengembangan Kompetensi Diri (Studi Terhadap Siswa SMK N 9 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BETTI_NORA_88070_2011.pdf] Text
final_B1_BETTI_NORA_88070_2011.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan sewaktu penulis
melaksanakan praktek lapangan dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok
dilaksanakan, diamati bahwa ada beberapa siswa yang mengikuti layanan tersebut
tidak mampu mengembangkan kompetensi diri. Hal ini diperkuat dengan
wawancara bersama 10 orang siswa dan terungkap bahwa siswa belum bisa
memanfaatkan kegiatan bimbingan kelompok secara optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manfaat yang dirasakan siswa
setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dalam pengembangan
kompetensi diri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan
manfaat yang dirasakan siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok dalam
pengembangan kompetensi diri. Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 9
Padang yaitu Kelas XI Restoran 1 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Data yang
diperoleh dianalisis dengan teknik persentase.
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa siswa SMKN 9 Padang setelah
mengikuti kegiatan bimbingan kelompok sebagian besar siswa merasakan manfaat
dalam pengembangan kompetensi diri dalam hal mengembangkan pengetahuan,
keterampilan nilai dan sikap dan ada juga sebagian siswa yang belum merasakan
manfaatnya.
Penelitian ini menyarankan kepada guru pembimbing bagi siswa yang belum
merasakan manfaat layanan bimbingan kelompok dalam pengembangan
kompetensi diri supaya bersungguh-sungguh untuk mengikuti layanan bimbingan
kelompok, selain itu, guru pembimbing juga meningkatkan pengetahuan dan
wawasan berkaitan dengan materi pengembangan kompetensi diri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:10
Last Modified: 14 Nov 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29090

Actions (login required)

View Item
View Item