Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N 1 Kinali

Sari, Nopa (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N 1 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NOPA_SARU_1306245_3053_2017.pdf] Text
B1_05_NOPA_SARU_1306245_3053_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 1 Kinali yaitu 75. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry
metode Pictorial Riddle dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N 1 Kinali. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pre- and Posttest
Design. Subjek penelitian yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran Inquiry metode Pictorial Riddle dan kelas X TAV
2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik
pengumpulan data dari pre-test dan post-test setiap pertemuan pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 85,75,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,26. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan P value < tabel kritis yaitu 0,000 <
0,05, karena P value < tabel kritis, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini
memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara penggunaan
model pembelajaran Inquiry metode Pictorial Riddle dengan model pembelajaran
langsung pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa Teknik Audio
Video di SMKN 1 Kinali. Maka model pembelajaran Inquiry dengan metode
Pictorial Riddle lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:13
Last Modified: 14 Nov 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29080

Actions (login required)

View Item
View Item