Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Emosi Siswa

Sari, Nopa Muspita (2021) Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Emosi Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NOPA_MUSPITA_SARI_17006160_4594_2021.pdf] Text
B1_05_NOPA_MUSPITA_SARI_17006160_4594_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kematangan emosi adalah kondisi atau reaksi perasaan yang stabil
terhadap suatu objek permasalahan, sehingga untuk mengambil suatu keputusan
didasari dengan suatu pertimbangan. Salah satu faktor yang mempengaruhi
kematangan emosi yaitu kemampuan interaksi sosial teman sebaya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan interaksi sosial
teman sebaya siswa, (2) mendeskripsikan kematangan emosi siswa, dan (3)
menguji hubungan antara kemampuan interaksi sosial teman sebaya dengan
kematangan emosi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII di
SMK Negeri 5 Padang, dengan sampel sebanyak 260 orang yang ditetapkan
dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah
angket dengan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan interaksi sosial teman
sebaya siswa berada pada kategori baik, (2) kematangan emosi siswa berada pada
kategori matang, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan dengan derajat
hubungan kuat antara kemampuan interaksi sosial teman sebaya dengan
kematangan emosi siswa, dengan koefisien korelasi rhitung ≥ rtabel yaitu 0,759 ≥
0,138 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif dengan teknik persentase dan menggunakan uji korelasional
dengan bantuan program SPSS versi 20.0. Dari hasil tersebut disarankan guru BK
untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan interaksi sosial teman sebaya
dan kematangan emosi siswa dengan menyusun program BK yang berkaitan
dengan kemampuan interaksi sosial teman sebaya dan kematangan emosi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:18
Last Modified: 13 Nov 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item
View Item