Zulhayati, Zulhayati (2011) Kontribusi Kreativitas dan Pemanfaatan Media Internet Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Pariaman Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULHAYATI-08244-2011.pdf
Download (191kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah
Negeri Pariaman Selatan terlihat hasil belajar pada pelajaran TIK masih rendah,
dari 200 siswa sebanyak 61,70 % berada dibawah standar ketuntasan yang
ditetapkan sekolah yaitu ≥ 65. Dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil
belajar, diantaranya adalah kreativitas dan pemanfaatan media internet . Tujuan
dari penelitian ini adalah mengungkapkan besarnya Kontribusi Kreativitas dan
pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknologi
informasi dan komunikasi siswa kelas IX Madrasah Tsanawiah Negeri Pariaman
Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi
penelitian berjumlah 200 orang dan sampel penelitian berjumlah 50 orang. Untuk
menentukan sampel digunakan rumus proporsional random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert 1-5.
Sebelum digunakan angket diuji coba terlebih dahulu, validitas butir diuji dengan
menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas angket diuji
dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. kemudian data tersebut diolah
dengan menggunakan program SPSS 17.0. Teknik Analisa data terdiri dari uji
persyaratan analisis data, deskripsi data, uji hipotesis, dan penentuan koefisien
kontribusi. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji One
Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis varian
dan uji linearitas menggunakan Tes for linearity Untuk mendeskripsikan data
digunakan teknik analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian
digunakan teknik korelasi sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan hipotesis
kedua serta analisis regresi linear berganda dan uji F pada pengujian hipotesis
ketiga. Untuk melihat besar koefisien kontribusi digunakan rumus koefisien
determinan. Hasil analisa data menunjukan bahwa terdapat 1. Kontribusi
kreativitas terhadap hasil belajar sebesar 22,3%, 2. Pemanfaatan media internet
berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 26,8%, 3. Kreativitas dan
pemanfaatan media internet berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil
belajar sebesar 38,1%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kreativitas dan
pemanfaatan media internet merupakan faktor yang berkontribusi terhadap hasil
belajar. Sehubungan dengan hasil penelitian maka diharapkan kepada semua
unsur pendidik perlu menggali variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat memberi manfaat lebih besar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, KREATIVITAS DAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:30 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29069 |
