Persepsi Siswi Kelas X Tata Busana Tentang Kompetensi Membuat Pola Teknik Konstruksi di SMK Negeri 3 Sungai Penuh

Harmaida, Julita (2012) Persepsi Siswi Kelas X Tata Busana Tentang Kompetensi Membuat Pola Teknik Konstruksi di SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_JULITA HARMAIDA_85256_2012_4454.pdf] Text
final_B1_11_JULITA HARMAIDA_85256_2012_4454.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan persepsi siswi terhadap Kompetensi
Membuat Pola Teknik Konstruksi adalah proses pembelajaran. Kegiatan
pembelajaran adalah suatu proses yang bertujuan untuk memperoleh hasil yang
maksimal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahamaman tentang
jenis alat menggambar pola, mengambil ukuran kurang tepat, langkah-langkah
membuat pola konstruksi yang tepat, kurang terampil membuat pecah pola sesuai
desain, kurang aktif bertanya saat proses pembelajaran berlangsung, tidak mau
membaca petunjuk (job sheet) yang diberikan guru, sebagian siswi tidak dapat
menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana 1) persepsi siswi
tentang jenis alat menggambar pola, 2) persepsi siswi tentang cara mengambil
ukuran, 3) persepsi siswi tentang menggambar pola teknik konstruksi, 4) persepsi
siswi tentang teknik pecah pola busana sesuai desain.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh Siswi Kelas X Tata Busana yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini
adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berbentuk
skala likert yang disebarkan kepada responden yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan bantuan program
SPSS versi 12.
Hasil penelitian menunjukkan Persepsi siswi tentang jenis alat menggambar
pola tergolong kategori tinggi (77,1%). Persepsi siswi tentang cara mengambil
ukuran tergolong kategori tinggi (79,5 %). Persepsi siswi tentang pembuatan pola
teknik konstruksi tergolong kategori sangat tinggi (84,4%). Persepsi siswi tentang
teknik pecah pola busana sesuai desain tergolong kategori sangat tinggi (87,3%).
Persepsi siswi kelas X tentang kompetensi membuat pola teknik konstruksi tergolong
kategori sangat tinggi (83,65%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:17
Last Modified: 13 Nov 2025 04:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item
View Item