Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Siswa Kelas VII SMP 5 Padang.

Dahlia, Dahlia (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Siswa Kelas VII SMP 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DAHLIA_78921_2011.pdf] Text
final_B1_DAHLIA_78921_2011.pdf

Download (756kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaanpembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kelas VII SMP 5 Padang.Tujuan penelitian ini adalah melihat pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi danKomunikasi yang meliputi kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dankegiatan evaluasi yang dilakukan oleh guru Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP5 Padang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptifyaitu mendeskripsikan suatu gejala, kejadian dan peristiwa yang terjadi di lapangan.Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendirisebagai alat pengumpul data utama serta observasi yaitu penulis melihat dan mengamatisecara langsung tentang pelaksanaan pembelajaran TIK. Sumber data yang digunakanlangsung dari guru bidang studi, kepala sekolah dan siswa kelas VII SMP 5 Padang.Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan studidokumentasi, dilakukan dengan cara pengolahan data langsung setelah dapat dilapangan, bukan dengan perhitungan statistik atau yang sejenisnya.Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dilakukan dalam 2 tahap :pembelajaran teori di kelas dan pembelajaran praktik di laboratorium komputer.Persiapan yang dilakukan guru sebelum mengajar mata pelajaran Teknologi Informasidan Komunikasi adalah membuat program tahunan dan silabus. Kegiatan intipembelajaran dilakukan guru dengan menggunakan media dan metode yang tidakbervariasi. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru adalah ujian harian,ujian mid semester dan ujian semester. Interaksi antara guru dan siswa dalampembelajaran praktik di laboratorium komputer tidak bersifat individual artinya setiapsiswa tidak dapat memperoleh perhatian khusus dari guru. Komputer sebagai saranapenunjang pembelajaran praktik belum sesuai dengan kapasitas siswa, komputertersebut sering rusak sehingga dalam pembelajaran praktik siswa belajar berdua ataubertiga dalam satu komputer.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEKNOLOGI, TEKNOLOGI INFORMASI, KOMUNIKASI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:15
Last Modified: 13 Nov 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item
View Item