Pengaruh Penerapan Metode Latihan Terbimbing terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMK PGRI Padang

Elvira, Rahmi Suzi (2011) Pengaruh Penerapan Metode Latihan Terbimbing terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMK PGRI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMI_SUZI_ELVIRA_87895_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMI_SUZI_ELVIRA_87895_2011.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa
khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, minimnya
latihan terbimbing yang diberikan guru terhadap siswa pada saat pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode latihan
terbimbing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi siswa kelas X SMK PGRI Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK PGRI Padang yang
berjumlah 105 orang yang terdiri dari 2 kelas Jurusan Akuntansi, 2 kelas Jurusan
Administrasi Perkantoran dan 2 kelas Jurusan Penjualan. Teknik pengambilan
sampelnya purposive sampling, yaitu kelas X Adm B dan X Adm C. Alat
pengumpulan data digunakan lembaran tes berupa soal objektif sebanyak 25 butir
soal, dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji T (t-Test).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen
dengan metode latihan terbimbing 76,89, lebih tinggi daripada nilai rata-rata
kelompok kontrol 70,44. Perhitungan t-test menyatakan bahwa t hitung 2,30
sedangkan t table = 2,03, t.hitung > t.table. Berarti terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas yang menggunakan metode latihan
terbimbing (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa kelas yang
menggunakan metode konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing berpengaruh terhadap
hasil belajar pada pokok bahasan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata
mata pelajaran TIK siswa kelas X SMK PGRI Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 09:56
Last Modified: 12 Nov 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29024

Actions (login required)

View Item
View Item