Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Desfita, Zulfia (2011) Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZULFIA DESFITA-77482-2011.pdf] Text
final_B1_ZULFIA DESFITA-77482-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari kenyataan di sekolah, proses pembelajaran masih banyak terpusat
pada guru yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Untuk meningkatkan motivasi dan
keseriusan siswa dalam belajar, maka perlu digunakan strategi dalam model
pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi siswa, dimana hasil
belajar biologi siswa masih ada yang rendah. Salah satu strategi pembelajaran
tersebut adalah pemberian pre-test dan post-test dalam model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pemberian pre-test dan post-test dalam model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
randomized control-group posttest only design. Sampel dipilih menggunakan
teknik simple random sampling, didapatkan kelas VII5 sebagai kelas kontrol dan
kelas VII6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes
objektif sebanyak 40 buah yang telah diuji cobakan. Teknik analisis data yang
dipakai adalah uji-t.
Dari hasil tes, diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen 82,58
dan kelas kontrol 74,67. Dari uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α =
0,05) didapatkan harga thitung 4,68 dan harga ttabel 1,67 pada derajat kebebasan 59.
Dengan demikian thitung > ttabel , yang berarti hipotesisnya dapat diterima dan dapat
disimpulkan bahwa pemberian pre-test dan post-test dalam model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif terhadap
hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran
2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:48
Last Modified: 12 Nov 2025 08:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29001

Actions (login required)

View Item
View Item