Ananda, Nina Risti (2016) Pengaruh Penerapan LKS Bernuansa Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_NINA_RISTI_ANANDA_1201424_1599_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih sedikitnya bahan ajar yang dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi masalah
tersebut maka diperlukan bahan ajar yang dapat melatih kemampuan berpikir
siswa. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam pemecahan masalah atau pencarian
solusi. Pendekatan saintifik membantu siswa untuk membangun pengetahuan
melalui metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki Pengaruh LKS
Bernuansa Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Saintifik terhadap
Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperiment” dengan rancangan
“randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
X MIPA SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran
2015/2016. Sampling dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data
penelitian meliputi hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk hasil belajar ranah kognitif, lembar
observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk penilaian
unjuk kerja ranah psikomotor. Analisis data untuk hasil belajar ranah kognitif
dilakukan dengan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan uji normalitas dan
homogenitas yang telah dilakukan maka uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai
adalah uji t. Begitu juga untuk data hasil belajar pada ranah afektif dan
psikomotor.
Analisis data hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas
eksperimen 80,49 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 76,21. Hasil belajar pada
ranah afektif didapatkan rata-rata kelas eksperimen 78,71 dan kelas kontrol 76,74.
Hasil belajar pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 79,29
lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol 74,65. Analisis uji kesamaan
rata-rata yang dilakukan pada ranah pada ranah kognitif th = 1,77 > tt = 1,67, pada
ranah afektif diperoleh th = 1,76 > tt = 1,67, dan pada ranah psikomotor th = 1,74 >
tt = 1,67. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKS
Bernuansa Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Saintifik terhadap
hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang pada taraf nyata 0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Fisika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:46 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:47 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29000 |
