Khalida, Rahmi (2011) Efektivitas Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Tata Tertib Lampu Lalu Lintas pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C di SLB YPPLB Padang: Skripsi jurusan PLB FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMI_KHALIDA_83043_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tata tertib lampu lalu lintas merupakan suatu peraturan di jalan raya yang
harus dipatuhi dan dijalankan oleh setiap pengguna jalan raya, bagi anak
tunagrahita dalam mengenalkan tata tertib lampu lalu lintas perlu diajarkan di
sekolah dengan menggunakan media yang sesuai dan menarik bagi anak. Dari
pengamatan peneliti pada kondisi keseharian anak, dapat diketahui kalau anak
belum mengenali tata tertib lampu lalu lintas, terlihat dari cara anak
memperagakan tindakan sesuai dengan nyala lampu lalu lintas pada media
gambar. Sebelumnya guru telah mengajarkan tata tertib lampu lalu lintas
menggunakan media gambar, dari hasil pembelajaran dengan media gambar ini
ternyata anak belum bisa memperagakan tindakan dengan benar, dikarenakan
anak kurang memahami saat pelajaran tata tertib lampu lalu lintas yang
diterangkan guru. Peneliti merasa tertarik untuk menggunakan media lain dalam
meningkatkan kemampuan mengenal tata tertib lampu lalu lintas yaitu media
diorama, agar anak tertarik untuk memperhatikan pelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan efektivitas media diorama untuk meningkatkan
kemampuan mengenal tata tertib lampu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan
kelas DIII/C di SLB YPPLB Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment desain one
group pretest-posttest desain one group pretest-posttest design yaitu desain yang
dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok pembanding.
Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa tunagrahita ringan kelas DIII/C di
SLB YPPLB Padang.
Data yang diperoleh dengan menggunakan tes perbuatan. Analisis data
yang digunakan adalah uji U Mann Whitney dengan kriteria pengujian Ha
diterima jika Uhit > Utab dan Ha ditolak jika Uhit ≤ Utab pada taraf signifikasi 95%
atau α = 0,05. Dengan demikian hasil pengolahan data menunjukkan Uhit = 1 >
Utab = 0, artinya Ha diterima. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa media
diorama efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal tata tertib lampu lalu
lintas anak tunagrahita ringan kelas DIII/C di SLB YPPLB Padang. Peneliti
menyarankan kepada guru untuk menggunakan media diorama ini sebagai
alternatif dalam pemilihan media untuk mengajarkan tindakan yang dilakukan
sesuai tata tertib lampu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:45 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28990 |
