Zulestri, Zulestri (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZULESTRI_09496_2999_2011.pdf
Download (514kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti sebagai pengajar di SDN
No. 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang, pembelajaran IPA bersifat konvensional
yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab karena guru belum dapat
memilih pendekatan yang cocok dengan materi. Akibatnya siswa cepat lupa akan
materi yang dipelajari. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Penelitian bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran agar terjadi peningkatan hasil belajar. Berdasarkan
latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi permasalah
adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
melalui pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN No. 43 Dadok Tunggul Hitam
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Yang menjadi subyek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru Kelas IV SDN 43 Dadok
Tunggul Hitam kecamatan Koto Tangah Kota Padang serta Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan
observasi.
Dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme, pada penilaian siklus I dan II mengalami
peningkatan hasil belajar. Pada siklus I rata-rata aspek kognitif adalah 64,85% dengan
kategori kurang, rata-rata aspek afektif 78% dengan kategori cukup dan rata-rata
aspek psikomotor 80,5%, dengan kategori baik sedangkan nilai pada siklus II nilai
meningkat menjadi aspek kognitif 76,95 % dengan kategori cukup, rata-rata aspek
afektif 87,5 % dengan kategori baik, dan rata-rata aspek psikomotor 86,5 %dengan
kategori baik . Maka rata-rata hasil belajar siklus II adalah rata-rata 83,65% dengan
kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat
meningkat dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV
SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:44 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28988 |
