Drills and Practice dengan Prosedur Pengklasifikasian pada Pembelajaran Tata Nama Senyawa Anorganik di SMA

Novita, Mona (2011) Drills and Practice dengan Prosedur Pengklasifikasian pada Pembelajaran Tata Nama Senyawa Anorganik di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MONA NOVITA-84183-2011.pdf] Text
final_B1_MONA NOVITA-84183-2011.pdf

Download (205kB)

Abstract

Tata nama senyawa anorganik dapat dikuasai siswa dengan melakukan
latihan atau pengulangan dengan menjawab soal-soal. Salah satu alternatif yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berlatih adalah
menggunakan strategi drills and practice dengan prosedur atau proses berpikir
pengklasifikasian senyawa anorganik. Dalam drills and practice terdapat
sejumlah pertanyaan atau soal yang bervariasi yang akan dikerjakan siswa, umpan
balik (feed back) atas jawaban siswa, pengukuhan (reinforcement) dan
pembahasan setiap soal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah
media belajar dengan strategi drills and practice yang dapat membantu siswa
mempermantap konsep tata nama senyawa anorganik. Media ini dapat digunakan
dalam belajar mandiri pengisi waktu senggang siswa. Selain itu penelitian juga
untuk mengetahui kelayakan media per aspek fungsi media serta mengetahui
karakteristik media yang dibuat. Pembuatan media belajar dengan strategi drills
and practice ini dibuat dengan menggunakan program Macromedia Flash
Professional 8 dan didukung dengan program lainnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk
tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa kelas X-2 SMAN 7 Padang,
mahasiswa kimia UNP, guru kimia SMAN 7 Padang dan dosen kimia UNP.
Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala Likert dan lembaran
observasi dalam bentuk rating scale.
Hasil analisis angket menunjukkan skor rata-rata kelayakan media secara
keseluruhan adalah 4,17. Jika skor ini diinterpretasikan pada kategori kelayakan
dengan nilai standar kelayakan r ≥ 3, media berbasis komputer dengan strategi
drills and practice ini sangat layak digunakan siswa dalam belajar mandiri
mempermantap konsep tata nama senyawa anorganik dan pengisi waktu senggang
bagi siswa. Sedangkan dari hasil observasi, diperoleh persentase sebesar 91,8%
yang apabila dirating dengan analisis korelasi diperoleh angka 5 dengan analisis
kualitatifnya adalah sangat layak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:38
Last Modified: 12 Nov 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28964

Actions (login required)

View Item
View Item