Enggraini, Mona (2011) Pengaruh Pemberian Speed Test Terhadap Hasil Pembelajaran Hukum – Hukum Dasar Kimia di MAN Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MONA ENGGRAINI-73248-2011.pdf
Download (877kB)
Abstract
Salah satu upaya yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa adalah dengan pemberian speed test. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pemberian speed test terhadap aktivitas dan hasil belajar
kimia pada pokok bahasan hukum – hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control
Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa
kelas X MAN Lubuk Alung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Random Sampling, sehingga didapat kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan
kelas X-C sebagai kelas kontrol. Pengamatan aktivitas belajar siswa menggunakan
lembar observasi pada kedua kelas sampel. Untuk mengetahui hasil belajar siswa
maka dilakukan tes hasil belajar berbentuk soal objektif yang sebelumnya telah
diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa
dengan pemberian speed test lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar
kimia siswa tanpa pemberian speed test pada pokok bahasan hukum – hukum
dasar kimia.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:37 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28962 |
