Rosba, Yuliani (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIANI_ROSBA-07328-2011.pdf
Download (532kB)
Abstract
Rendahnya aktivitas belajar siswa dikarenakan kondisi kelas yang kurang kondusif, siswa tidak aktif dalam pembelajaran, dan tidak mampu menyelesaikan tugas tepat waktu merupakan persoalan yang sering muncul dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMP N 16 Padang. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan guru cenderung monoton, kurang menyenangkan dan membosankan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan berdampak rendahnya capaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share merupakan upaya untuk mengatsai sebagian masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII-4 SMP N 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-4 dengan jumlah siswa 35 orang yang terdaftar di SMP N 16 Padang pada tahun ajaran 2010/2011. Aktivitas siswa dikumpulkan melalui catatan pengamatan oleh kolaborator dan data hasil belajar diperoleh melalui tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dari siklus I diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa masih rendah yang berdampak pada hasil belajar siswa yang baru mencapai ketuntasan yaitu 19 orang siswa dengan angka rata-rata kelas 67,94 atau 54,29%, Sedangkan batas ketuntasan yang diharapkan adalah 80%. Penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hasil temuan pada siklus II menunjukkan aktivitas guru dan siswa sudah mengalami peningkatan sehingga hasil belajar juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa menunjukkan angka rata-rata 80,42 atau 91,42% yang relative lebih tinggi daripada capaian hasil belajar sebelumnya. Ini berarti bahwa materi yang disampaikan telah mencapai target ketuntasan belajar yang diharapkan. Dengan demikian model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP N 16 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:37 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28955 |
