Penggunaan Metoda Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa pada Kelas IV SDN 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Padang

Zulbaidah, Zulbaidah (2011) Penggunaan Metoda Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa pada Kelas IV SDN 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZULBAIDAH_90510_2011.pdf] Text
final_B1_ZULBAIDAH_90510_2011.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 08 Baringin Kecamatan koto
Tangah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber
informasi. Kegiatan pembelajaran juga belum direncanakan secara terstuktur,
sehingga proses pembelajaran berlangsung tidak beraturan dan tidak membuat
siswa aktif. Oleh sebab itu peneliti mencoba untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dengan menggunakan metode Index Card Match (ICM) melalui tindakan
kelas, dimana Index Card Match (ICM) merupakan metode latihan yang lima kali
tahan lama dibanding metode lain, metode Index Card Match (ICM) juga
menjadikan siswa lebih aktif. Sebelum peneliti melkukan tindakan kelas pada
tanggal 01 November 2010 hasil belajar siswa pada bidang studi IPS masih
dibawah standar ketuntasan nasional yakni 75. Namun setelah dilakukan
penelitian tindakan dengan menggunakan metode Index Card Match (ICM) hasil
belajar siswa meningkat secara signifikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
terdiri dari II siklus, dimana siklus I dilakukan dua kali pertemuan sedangkan
siklus II dua dilakukan satu kali pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi.
setiap akhir siklus diadakan tes akhir untuk melihat peningkatan hasil belajar
siswa menggunakan metoda Index Card Match (ICM). Subjek penelitian adalah
siswa kelas IV SDN 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Padang.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian
proses , penilaian hasil, format pencatatan lapangan, analisis karakteristik aktivitas
guru, dan analisis karakteristik aktivitas siswa. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini dianalis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar
dengan persentase.
Hasil belajar Afektif dan Kognitif IPS dengan menggunakan metoda Index
Card Match (ICM) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Nilai
siklus I rata-rata Afektif 67,7 dan Kognitif 63,6 meningkat pada siklus II dengan
rata-rata Afektif 76,1 dan kognitif 84,6. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti
yang dibantu oleh observer yang didukung oleh hasil pencatatan lapangan, respon
siswa terhadap pembelajaran menggunakan metoda Index Card Match (ICM) ini
positif. Siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran dan mudah memahami
materi pembelajaran.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
IPS dengan metoda Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:36
Last Modified: 12 Nov 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28951

Actions (login required)

View Item
View Item