Juliandika, Mitra (2014) Hubungan Kemampuan Memahami Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MITRA_JULIANDIKA_96397_1327_2014.pdf
Download (743kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan
memahami puisi, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi, dan (3)
menganalisis hubungan keterampilan memahami puisi dengan keterampilan
menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan X Koto Singkarak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif
dan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan X Koto Singkarak yang terdaftar
tahun ajaran 2012/2013, sampel penelitian ini sebanyak 36 orang (10%). Teknik
pengambilan sampel yang digunakan ialah proportional random sampling. Data
penelitian ini diperoleh melalui tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif
digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahami puisi siswa dan tes
unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis puisi
siswa. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memberi
skor tes kemampuan memahami puisi. Kedua, memberi skor tes keterampilan
menulis puisi. Ketiga, mengubah skor kemampuan memahami puisi dan skor
keterampilan menulis puisi menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase.
Keempat, mengelompokkan nilai kemampuan memahami puisi siswa dan
keterampilan menulis puisi siswa berdasarkan konvensi skala 10. Kelima,
menentukan nilai rata-rata hitung dari masing-masing tes. Keenam,
mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam
bentuk histogram per indikator yang dinilai. Kedelapan, mengkolerasikan variabel
penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh,
menyimpulkan hasil analisis dan pembahasan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan
sebagai berikut. Pertama, kemampuan memahami puisi siswa kelas X SMA
Negeri 1 Kecamatan X Koto Singkarak berada pada kualifikasi baik (82,66).
Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan X
Koto Singkarak berada pada kualifikasi baik (80,03). Ketiga, terdapat hubungan
yang signifikan (berarti) antara kemampuan memahami puisi dengan keterampilan
menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan X Koto Singkarak pada
derajat kebebasan n-1 pada taraf signifikan 95% dengan thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 3,50> 1,70. Dengan kata lain, jika kemampuan memahami puisi siswa
tergolong baik maka keterampilan menulis puisi siswa juga tergolong baik.
Sebaliknya, jika kemampuan memahami puisi siswa tidak tergolong baik maka
keterampilan menulis puisi siswa juga tidak tergolong baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:35 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28949 |
