Lusiana, Mitra (2011) Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pangkas Rambut Dasar Program Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMKN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MITRA LUSIANA-90815-2011.pdf
Download (201kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa
sedangkan interaksi sosial teman sebaya yang bagus seharusnya dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1)
mendeskripsikan interaksi sosial teman sebaya siswa program keahlian tata
kecantikan rambut di SMKN 6 Padang. (2) mendeskripsikan motivasi belajar
pangkas rambut dasar siswa program keahlian tata kecantikan rambut di SMKN 6
Padang. (3) untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan interaksi sosial
teman sebaya dengan motivasi belajar siswa pangkas rambut dasar program
keahlian tata kecantikan rambut di SMKN 6 Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI program
keahlian tata kecantikan rambut SMKN 6 Padang yang berjumlah 47 orang.
Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 47
orang. Sebagai alat untuk mengetahui interaksi sosial teman sebaya dan motivasi
belajar siswa menggunakan angket (kuesioner) yang sudah diuji validas dan
reliabilitasnya, kemudian dengan menggunakan metode penelitian korelasional
dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) interaksi sosial teman sebaya
siswa program keahlian tata kecantikan rambut di SMKN 6 Padang berada pada
kategori tinggi. (2) motivasi belajar siswa pangkas rambut dasar program keahlian
tata kecantikan rambut di SMKN 6 Padang berada pada kategori tinggi
(3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan
motivasi belajar pangkas rambut dasar siswa program keahlian tata kecantikan
rambut di SMKN 6 Padang dengan hasil analisis korelasi pada taraf signifikan 5%
diperoleh rhitung > rtabel (0,477 > 0,288) serta dari hasil uji hipotesis yang diperoleh
thitung > ttabel (3,625 > 1,67) maka koefisien berarti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:34 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28946 |
