Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Miswarni, Miswarni (2011) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MISWARNI_90855_2580_2011.pdf] Text
final_B1_MISWARNI_90855_2580_2011.pdf

Download (646kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV SD
Negeri 10 Ganting pada akhir semester II tahun 2009 dan 2010, nilai rata-rata
mata pelajaran IPS tidak mencukupi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)
yakni 7 untuk mata pelajaran IPS kelas IV. Maka dilakukan penelitian untuk
meningkatkan pembelajaran serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil
belajar IPS kelas IV SD Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota
Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif
digunakan karena pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan
pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untuk pengolahan data,
data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk
mengukur hasil belajar peserta didik.
Subjek penelitian adalah Peneliti dan siswa di kelas IV SD Negeri 10
Ganting Kecamatan Koto Tangah kota Padang. Data penelitian ini diperoleh
berupa hasil pengamatan, hasil tes, dan refleksi diri yang peneliti lakukan dari
setiap tindakan perbaikan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL). Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan terlihat dari peningkatan
hasil belajar siswa. Pada tes siklus I rata-rata hasil belajar siswa 6,9. Selanjutnya
pada pertemuan kedua nilai rata-rata afektif 8,5 dan pada pertemuan I siklus II
rata-rata nilai afektif 80,3 dan pada pertemuan II siklus I hasil belajar siswa
mencapai 9,2. Peneliti mengambil kesimpulan penggunaan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD
Negeri 10 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang telah berhasil peneliti
lakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:32
Last Modified: 12 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item
View Item