Mislaini, Mislaini (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Lingkungan bagi Siswa Kelas IV SDN 06 Bukit Gadang Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MISLAINI_10515_4082_2011.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan karena rendahnya kemampuan
peserta didik dalam menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan
menggunakan pendekatan lingkungan di kelas IV SDN 06 Bukit Gadang
kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Kegiatan pembelajaran difokuskan pada
setiap tahapan pembelajaran dimulai dari tahap prapenulisan, penulisan, revisi,
edit, dan publikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas IV, dengan jumlah peserta didik 19 orang. Sebagai observer dalam
penelitian ini adalah guru kelas IV. Data yang diperoleh bersumber dari proses
pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan
lingkungan yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap prapenulisan, penulisan,
revisi, edit, dan publikasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan pendekatan lingkungan
dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis deskripsi.
Peningkatan tersebut tercermin dalam hal (1) penggunaan pendekatan lingkungan
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar secara aktif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan, (2) hasil belajar peserta didik semakin
meningkat pada setiap tahap penulisan yang dilakukannya, dan (3) Peserta didik
terlatih dalam menulis deskripsi. Rata-rata yang diperolah peserta didik dalam
proses pembelajaran menulis deskripsi pada siklus I pada tahap prapenulisan
hanya 76,3, tahap penulisan 63,8, tahap revisi 56,6, tahap edit 60, dan tahap
publikasi 66,2. Pada siklus ke II mengalami peningkatan, rata-rata yang diperolah
setiap peserta didik adalah: tahap prapenulisan 89, tahap penulisan 79, revisi 79,
edit 76,3 dan tahap publikasi 86.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:30 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28933 |
