Fitri, Misda (2011) Hambatan-Hambatan yang Dialami Guru BK dalam Melakukan Kunjungan Rumah: Studi Deskriptif Analitis SMP Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MISDA_FITRI_88026_2011.pdf
Download (132kB)
Abstract
Tugas guru BK memberikan pelayanan yang optimal kepada siswa, yang
memungkinkan siswa berkembang secara optimal. Kenyataannya menunjukkan
bahwa masih banyak siswa yang mengalami masalah. Agar guru BK memberikan
pelayanan yang baik harus disertai dengan kegiatan pendukung. Salah satu
kegiatan pendukung adalah kunjungan rumah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian
adalah mendeskripsikan hambatan yang dialami guru BK dalam melakukan
kunjungan rumah dalam hal: (1) perencanaan kunjungan rumah (2) pelaksanaan
kunjungan rumah (3) mengevaluasi kunjungan rumah (4) analisis dan tindak
lanjut kunjungan rumah (5) pelaporan kegiatan kunjungan rumah. Populasi
adalah guru BK SMP Negeri Kota Padang. Sampel penelitian adalah beberapa
guru BK yang mewakili populasi diambil berdasarkan area secara acak dari 37
menjadi 8 SMP Negeri Kota Padang dengan jumlah akhir 32 orang guru BK.
Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu angket. Data yang diperoleh,
dianalisis dengan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa : (1) hambatan yang dialami
guru BK dalam kunjungan rumah dari aspek perencanaan adalah menentukan
kasus yang tepat, siswa menolak, meyakinkan siswa dan memberikan pemahaman
kepada siswa manfaat dilakukan kunjungan rumah (2) hambatan yang dialami
guru BK dalam melakukan kunjungan rumah dalam aspek pelaksanaan adalah
orang tua menolak kedatangannya dan menyimpulkan hasil kunjungan rumah
(3)hambatan yang dialami guru BK dalam melakukan kunjungan rumah dari
aspek evaluasi adalah mengevaluasi hasil dan kelengkapan hasil kunjungan rumah
(4) hamabatan yang dialami guru BK dalam melakukan kunjungan rumahmenga
dalam aspek analisis dan tindaak lanjut adalah menganalisis hasil untuk
pengentasan masalah yang dialami siswa (5) hambatan yang dialami guru BK
dalam melakukan kunjungan rumah dalam aspek pelaporan adalah
mendokumentasikan laporan hasil kunjungan rumah.
Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada (1) guru BK lebih
memahami dan mengkaji lebih dalam aspek-aspek dalam pelaksanaan kunjungan
rumah. (2)guru BK lebih proaktif lagi bekerjasama dengan personil agar dapat
membantu masalah yang dialami oleh siswa (3) Sekolah, diharapkan sekolah
menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan kunjungan
rumah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28930 |
