Mirawati, Mirawati (2009) Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN Talaok Bayang Pesisir Selatan dalam Menulis Narasi melalui Penggunaan Media Gambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIRAWATI 67165-05-09.pdf
Download (117kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran
menulis narasi. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis narasi siswa kelas
VII5 MTsN Talaok Bayang dari segi tema, alur, dan latar.
Jenis penelitian ini adalah mixing method dengan metode deskriptif.
Metode deskriptif bertujuan membuat gambaran, lukisan secara sistematis,
faktual, dan akurat mengenai data. Melalui metode ini peneliti dapat mengetahui
bagaimana penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis narasi dan
kemampuan menulis narasi sampel penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 42
orang siswa yang diambil berdasarkan jumlah siswa yang ada di kelas VII5.
Data penelitian diperoleh dengan dua cara, yaitu sebagai berikut. Pertama
data tentang penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis narasi
diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan pemberian angket. Data diolah
secara verbal mulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Kedua, data
kemampuan menulis narasi diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa.
Data yang terkumpul dianalisis dengan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
(1) mengabsahkan data, (2) memberi kode terhadap data, (3) memberi skor, (4)
mengubah skor mentah menjadi nilai, (5) mengkualifisikan nilai dengan
menggunakan skala 10, (6) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis narasi
siswa, (7) membahas dan menyimpulkan.
Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis data dan pembahasan dapat
disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, secara umum pelaksanaan
pembelajaran menulis narasi siswa kelas VII5 MTsN Talaok Bayang melalui
penggunaan media gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kedua, secara
umum kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII5 MTsN Talaok
Bayang lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan deskripsi data, analisis data, dan
pembahasan juga dapat disimpulkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII5
MTsN Talaok Bayang per indikator yaitu: indikator mengungkapkan tema berada
pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 71,40%, indikator
mendayagunakan alur berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata
65,03%, indikator mendayagunakan latar berada pada kualifikasi baik 76,16%.
Relevan dengan simpulan penelitian, direkomendasikan dua hal sebagai
berikut. Pertama, penggunaan media gambar hendaknya digunakan dengan baik.
Kedua, keterampilan menulis narasi siswa perlu ditingkatkan dan
ditumbuhkembangkan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:21 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28922 |
