Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang melalui Teknik Problem Solving

Yuliani, Yuliani (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang melalui Teknik Problem Solving. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULIANI_86474_5213_2011.pdf] Text
final_B1_YULIANI_86474_5213_2011.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan siswa kelas VII- 4 SMP Negeri 5 Padang dalam menulis narasi melalui teknik Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang yang berjumlah 39 orang. Rancangan penelitian yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji atau praktisi dalam proses pembelajaran, sehingga sebagai pengamatan aalah guru Bahasa Inonesia kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada Siklus I memberi kesimpulan bahwa perlu dilakukan siklus II untuk memperbaiki: 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran, 3) Evaluasi Pembelajaran dan 4) Hasil Penelitian siswa terhadap pembelajaran menulis narasi ekspositoris. Setelah dilaaksanakan Siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh gambaran sebagai berikut: pertama, pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama yaitu tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis narasi, sedangkan nontes untuk mengumpulkan data penerapan teknik problem solving dalam pembelajaran menulis narasi. Kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa pada tes awal yaitu 55,38, meningkat pada Siklus I menjadi 64,41 dan mencapai kategori baik pada siklus II yaitu 78, 02. Kedua, siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Padang cenderung menilai positif penerapan teknik problem solving dalam pembelajaran menulis narasi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENULIS NARASI EKSPOSITORIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:19
Last Modified: 12 Nov 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item
View Item