Mengoptimalkan Pengenalan Membaca Anak melalui Permainan Huruf yang Hilang di TK Indah Jelita Kota Payakumbuh

Yuliani, Yuliani (2011) Mengoptimalkan Pengenalan Membaca Anak melalui Permainan Huruf yang Hilang di TK Indah Jelita Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULIANI_51163_3408_2011.pdf] Text
final_B1_YULIANI_51163_3408_2011.pdf

Download (218kB)

Abstract

Mengoptimalkan pengenalan membaca anak melalui permainan huruf yang hilang masih rendah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan membaca anak melalui permainan huruf yang hilang, dapat memberikan pemahaman tentang pengenalan membaca pada anak serta meningkatan kualitas pembelajaran membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Reseach) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih optimal, dengan menggunakan subjek penelitian anak TK Indah Jelita khususnya kelompok B1 dengan jumlah 18 orang anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara yang kemudian diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan dalam perkembangan membaca anak. Dengan mengoptimalkan pengenalan membaca anak melalui permainan huruf yang hilang ini semakin baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai baik terhadap kesenangan belajar maupun hasil belajar yang dicapai oleh anak, yang mana terlihat pada siklus I anak memperoleh nilai rata-rata amat baik belum ada. Pada siklus II diperoleh peningkatan. Sedangkan pada sikap anak juga meningkat, terlihat dari hasil observasi pada siklus I nilai rata-rata sikap anak yang amat baik belum ada sedangkan pada siklus II sudah meningkat menjadi 28%. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan dalam mengoptimalkan membaca anak melalui permainan huruf yang hilang, sebelum tindakan 15%. Anak yang mencapai nilai baik setelah tindakan mengalami peningkatan 57%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan huruf yang hilang dapat mengoptimalkan pengenalan membaca anak. Dan disarankan dalam penggunaan media, menggunakan bahan-bahan yang menarik minat anak terhadap pemahaman konsep huruf serta meningkatkan kemampuan membaca anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGENALAN MEMBACA ANAK, PERMAINAN HURUF YANG HILANG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:19
Last Modified: 12 Nov 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28910

Actions (login required)

View Item
View Item