Saputri, Betry (2011) Pengembangan Modul Bilingual yang Disertai Mind Map pada Materi Struktur dan Fungsi Sel untuk Kelas XI R SMA BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BETRY SAPUTRI_83993_2011.pdf
Download (6MB)
Abstract
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dalam pelaksanaannya,
masih menghadapi banyak masalah, antara lain masih terbatasnya ketersedian
bahan ajar berupa modul dalam bahasa Inggris yang cocok dengan kebutuhan
sekolah dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), serta belum siapnya
guru mengajar dengan bahasa Inggris, padahal dalam RSBI penggunaan bahasa
Inggris sangat dianjurkan. Masalah lain yang ditemukan adalah guru kurang
melibatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran, seperti keterampilan
menyerap pelajaran. Keterampilan menyerap pelajaran dapat diperoleh siswa
dengan mencatat. Kecendrungan mencatat selama ini adalah dengan
menggunakan teknik linear. Teknik ini diindikasikan menggunakan fungsi otak
kiri. Padahal otak kiri dan otak kanan mempunyai fungsi yang berbeda, sehingga
belum memaksimalkan fungsi otak kanan. Modul bilingual yang disertai mind
map diharapkan dapat membantu siswa agar dapat berfikir radial, sehingga dapat
mengoptimalkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Berdasarkan hal tersebut telah
dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bilingual yang
disertai mind map pada materi struktur dan fungsi sel, kemudian mengetahui
validitas dan praktikalitasnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan 4-D model yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 4 tahap yaitu,
define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan
disseminate (penyebaran), namun tahap disseminate (penyebaran) tidak
dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis media yang ada,
analisis siswa dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan
modul bilingual yang disertai mind map. Pada tahap develop dilakukan uji
validitas oleh validator dan uji praktikalitas oleh guru biologi dan siswa kelas XI
R SMA BI. Data ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif.
Modul bilingual yang disertai mind map pada materi struktur dan fungsi
sel yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Nilai validitas modul yang dihasilka
adalah 85,88% dengan kriteria valid dan nilai praktikalitas modul oleh guru dan
siswa adalah 82,98% dan 84,90% dengan kriteria praktis.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:18 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28909 |
