Pendapat Siswa tentang Upaya Guru Pembimbing dalam Membantu Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Gusni, Betria (2011) Pendapat Siswa tentang Upaya Guru Pembimbing dalam Membantu Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BETRIA_GUSNI_79071_2011.pdf] Text
final_B1_BETRIA_GUSNI_79071_2011.pdf

Download (161kB)

Abstract

Salah satu tugas guru pembimbing adalah memberikan pelayanan bimbingan
dan konseling kepada siswa agar dapat mencapai perkembangan yang optimal dalam
bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Kenyataannya masih banyak
siswa yang memperoleh hasil belajar rendah pada mata pelajaran yang di UN kan,
padahal keberhasilan belajar siswa ditunjukkan oleh nilai hasil belajar yang tinggi
serta diiringi sikap dan tingkah laku yang terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pendapat siswa tentang upaya guru pembimbing dalam
membantu siswa yang memperoleh hasil belajar rendah serta bimbingan belajar yang
dilakukan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2009/2010. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random
sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 72 orang siswa. Data
dikumpulkan dengan angket, dan dianalisis dengan teknik persentase.
Temuan penelitian menunjukkan: 1) Terungkap bahwa pendapat siswa tentang
upaya guru pembimbing dalam mengidentifikasi masalah, menentukan penyebab
masalah belajar, dan pengentasan masalah tergolong kurang baik. 2) Pendapat siswa
tentang upaya guru pembimbing membantu siswa yang memperoleh hasil belajar
rendah melalui bimbingan belajar berkaitan dengan cara-cara belajar yang baik, cara
mengerjakan tugas-tugas sekolah, cara mempersiapkan diri dalam ulangan/ujian,
tergolong cukup baik.
Disarankan kepada guru pembimbing lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan
pelayanan dengan memberikan bantuan kepada siswa terutama dengan membimbing
cara belajar yang baik, membimbing cara mengerjakan tugas sekolah dan cara
mempersiapkan diri dalam ujian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:18
Last Modified: 12 Nov 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item
View Item