Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI SDN 01 Campago Ipuh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

Zulvia, Bestin (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI SDN 01 Campago Ipuh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BESTIN_ZULVI_88126_668_2011.pdf] Text
final_B1_BESTIN_ZULVI_88126_668_2011.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI
SDN. 01 Campago Ipuh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi
dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. Penelitian ini dilatar
belakangi karena siswa sering mengalami kesulitan memahami materi pelajaran
IPS sehingga nilai yang diperoleh selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Dimana nilai Kriteria Ketuntasn Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan
di kelas VI SDN. 01 Campago Ipuh adalah 7,2.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini
berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes akhir
pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN. 01 Campago Ipuh
yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan teman sejawat.
Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh siswa
adalah 7,7 dan 9 siswa yang dinyatakan tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata
tes akhir yang diperoleh siswa adalah 84 dan 3 siswa yang dinyatakan tidak
tuntas. Disini terlihat bahwa hasil tes akhir setiap tindakan selalu meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme
dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN. 01
Campago Ipuh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:17
Last Modified: 12 Nov 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item
View Item