Martini, Sonia (2021) Budaya Organisasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SONIA_MARTINI_17002155_311_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tercapainya kesejehteraan masyarakat melalui pemberian layanan yang
prima kepada masyarakat
sebagai pemangku kepentingan dan
mengimplementasikan nilai-nilai luhur dari pancasila adalah tujuan utama
organisasi pemerintah. Salah satu bentuk organisasi pemerintah adalah Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang bertugas memberikan pelayanan secara
efektif dan efisien serta profesional yang harus dilakukan dengan norma, budaya,
dan aturan yang ditetapkan. Budaya organisasi merupakan kebiasaan yang terus
menerus dan berulang serta menjadi nilai dan gaya hidup oleh sekelompok
individu dalam organisasi yang diikuti oleh individu lainnya. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan budaya organisasi pada Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh ditinjau dari; (1) nilai-nilai yang berlaku di
dalam organisasi; (2) kepercayaan atau keyakinan pegawai terhadap organisasi;
(3) perilaku anggota organisasi. Ada 4 (empat) pertanyaan yang dijawab dalam
penelitian ini, yaitu : (1) Seberapa baik budaya organisasi Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh dilihat dari nilai-nilai yang berlaku dalam
organisasi; (2) Seberapa baik budaya organisasi Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh dilihat dari kepercayaan atau keyakinan
pegawai terhadap organisasi; (3) Seberapa baik budaya organisasi Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh dilihat dari perilaku
anggota organisasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah 40 orang pegawai Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dengan model skala Likert. Sebelum angket tersebut digunakan
sudah terlebih dahylu diuji coba validitas dan reliabilitasnya. Data yang telah
dikumpul diolah dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata.
Hasil pengolahan data menunjukkan hasil untuk aspek nilai-nilai yang
berlaku di dalam organisasi memperoleh skor rata-rata 3,94 dengan TCR 68,54%
(cukup baik); untuk kepercayaan atau keyakinan pegawai terhadap organisasi
memperoleh skor rata-rata 4,21 dengan TCR 84,05 % (baik); untuk aspek sikap
atau perilaku anggota organisasi skor rata-rata 3,85 dengan TCR 73,59% (cukup
baik). Skor rata-rata secara keseluruhan adalah 4 dengan TCR 75,39 % (cukup
baik). Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa budaya
organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh berada
pada kategori cukup baik dan perlu ditingkatkan lagi menjadi sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28898 |
