Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Adzkia Padang

Suganda, Bestari (2011) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Adzkia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BESTARI_SUGANDA_76948_1820_2011.pdf] Text
final_B1_BESTARI_SUGANDA_76948_1820_2011.pdf

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa kelas X SMK Adzkia Padang tanpa menggunakan media gambar, (2)
menjelaskan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Adzkia
Padang menggunakan media gambar, (3) menjelaskan pengaruh penggunaan media
gambar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK
Adzkia Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X SMK Adzkia Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2010/2011 sebanyak 125 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 orang yang
diambil dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian ini adalah
data kuantitatif , yaitu nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X
SMK Adzkia Padang tanpa menggunakan media gambar dan menggunakan media
gambar. Untuk menganalisis data digunakan rumus persentase dan rumus rata-rata
hitung guna mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan
menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Adzkia Padang.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa (1) keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa kelas X SMK Adzkia Padang tanpa menggunakan media gambar
berkualifikasi cukup dengan rata-rata 61,71 (2) keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa kelas X SMK Adzkia Padang menggunakan media gambar berada
pada kualifikasi baik dengan rata-rata 80,73 (3) penggunaan media gambar
berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi
siswa kelas X SMK Adzkia Padang. Berdasarkan uji t pada taraf signifikan 95%
diperoleh t hitung = 6,24016551 dan t tabel = 1,67. Kriteria pengujian diterima jika t
hitung > t tabel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:16
Last Modified: 12 Nov 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28897

Actions (login required)

View Item
View Item