Sofia, Berta (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi dengan Menggunakan Media Grafik Batang Siswa Kelas XI-2 SMK Negeri 1 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BERTA_SOFIA_76930_800_2011.pdf
Download (153kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan
kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI-2 SMK Negeri 1 Solok
Selatan dengan menggunakan media grafik batang. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-2
SMK Negeri 1 Solok Selatan yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali
pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes
unjuk kerja tertulis, hasil lembar observasi, dan hasil angket respon siswa terhadap
pembelajaran kemampuan menulis paragraf eksposisi menggunakan media grafik
batang siswa kelas XI-2 SMK Negeri 1 Solok Selatan tahun ajaran 2009/2010.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menulis paragraf eksposisi menggunakan media grafik batang siswa
kelas XI-2 SMK Negeri 1 Solok Selatan dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami
peningkatan. Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, media
grafik batang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memberikan
pengertian dan pengetahuan dengan baik dalam menulis paragraf eksposisi dari
klasifikasi baik (76%) meningkat menjadi klasifikasi baik sekali (89,3%). Kedua,
media grafik batang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab
pertanyaan tentang apa, mengapa, kapan, dan bagaimana dengan baik dalam
menulis paragraf eksposisi dari klasifikasi cukup (71,3%) meningkat menjadi
klasifikasi baik (84%). Ketiga, media grafik batang dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam menyampaikan tulisan secara lugas dengan bahasa baku
dengan baik dalam menulis paragraf eksposisi dari klasifikasi sedang (54%)
meningkat menjadi klasifikasi cukup (71,3%). Dan keempat, media grafik batang
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan nada netral, tidak
memihak, dan tidak memaksakan sikap penulis terhadap pembaca dengan baik
dalam menulis paragraf eksposisi dari klasifikasi hampir sedang (54%) meningkat
menjadi klasifikasi cukup (70,6%).
Dapat disimpulkan secara keseluruhan rata-rata hasil tes menulis paragraf
eksposisi siswa menggunakan media grafik batang siswa kelas XI-2 SMK Negeri
1 Solok Selatan dari klasifikasi sedang (57,6%) pada siklus 1 meningkat menjadi
klasifikasi baik (79,6%) pada siklus 2.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28891 |
