Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik Group Cloze Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Junjung Sirih

Susanti, Mira (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik Group Cloze Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MIRA_SUSANTI_72540_2074_2011.pdf] Text
final_B1_MIRA_SUSANTI_72540_2074_2011.pdf

Download (290kB)

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Menengah Atas bertujuan
agar siswa memiliki kemampuan dan keterampilan untuk membaca pemahaman.
Berdasarkan hasil pengamatan awal di SMA Negeri 1 Junjung Sirih, diperoleh
informasi bahwa siswa selalu menghadapi kendala dalam membaca pemahaman.
Salah satu faktornya adalah teknik pembelajaran yang digunakan guru untuk
meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman kurang bervariasi dan
guru kurang menguasai teknik pembelajaran yang digunakan tersebut.
Penggunaan teknik group cloze dalam pembelajaran membaca pemahaman
merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran
membaca pemahaman dengan teknik group cloze siswa kelas XI IPA 1 SMA
Negeri 1 Junjung Sirih dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca pemahaman dengan menggunakan teknik group cloze siswa kelas XI
IPA 1 SMA Negeri 1 Junjung Sirih.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action) yang
merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil tes unjuk kerja tertulis siswa, lembaran
observasi, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Prosedur penelitian
dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat unsur, yaitu (1)
perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji/ praktisi
dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas XI
SMA Negeri 1 Junjung Sirih.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknik group cloze dalam
pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil
kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan
teknik group cloze dapat meningkatkan hasil belajar siswaa kelas XI IPA 1 SMA
Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:10
Last Modified: 12 Nov 2025 08:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28883

Actions (login required)

View Item
View Item