Mengembangkan Motorik Halus Anak melalui Permainan Stempel Kata Bergambar Buah di TK Indah Jelita Payakumbuh

Kurnia, Mira (2011) Mengembangkan Motorik Halus Anak melalui Permainan Stempel Kata Bergambar Buah di TK Indah Jelita Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MIRA_KURNIA_51160_2011.pdf] Text
final_B1_MIRA_KURNIA_51160_2011.pdf

Download (175kB)

Abstract

Perkembangan motorik halus anak melalui permainan stempel kata bergambar
buah masih rendah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan motorik
halus anak melalui permainan stempel kata bergambar buah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Reseach)
yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya untuk
meningkatkan proses pembelajaran yang lebih optimal, dengan menggunkan
subjek penelitian anak TK Indah Jelita khususnya kelompok B2 dengan jumlah 17
orang anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara, teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melakukan observasi dan format
hasil penilaian anak yang kemudian diolah dengan teknik persentase.
Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, hasil penelitian setiap siklus telah
menunjukan adanya peningkatan perkembangan motorik halus anak dari siklus I
yang pada umumnya masih rendah dengan nilai rata-rata 41% setelah dilakukan
tindakan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa
terjadinya peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui permainan
stempel kata bergambar buah, sebelum tindakan rata-rata yang diperoleh 12%
anak yang mencapai nilai baik, setelah tindakan mengalami peningkatan 88%
pada table 4.1

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:08
Last Modified: 12 Nov 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item
View Item